Jumat, Januari 21, 2022

Survey SMRC : Publik Merasa Kondisi Keamanan Sekarang Sudah Pulih

Wajib dibaca

SIARAN PERS 3
SAIFUL MUJANI RESEARCH AND CONSULTING (SMRC)

Jakarta, 26 Desember 2021

Publik nasional menilai kondisi keamanan sekarang sudah pulih seperti sebelum Covid-19. Pandangan warga ini terekam dalam survei mutakhir Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Ekonomi-Politik 2021 dan Harapan 2022: Opini Publik Nasional” yang dirilis secara online pada Minggu, 26 Desember 2021 di Jakarta.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam paparan hasil surveinya, menyatakan bahwa mayoritas warga, 62,6 persen, menilai kondisi keamanan baik atau sangat baik. Angka ini jauh lebih besar dari warga yang menilai buruk atau sangat buruk, yakni sekitar 12,4 persen. Ada 22,2 persen yang menilai sedang saja. Sementara yang tidak tahu atau tidak menjawab masih ada 2,7 persen.

Baca Juga  SURVEI SMRC: MAYORITAS PUBLIK MENDUKUNG RUU TPKS

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung dengan melibatkan 2420 responden terpilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2062 atau 85%. Margin of error survei diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95%.

“Penilaian positif warga mengenai kondisi keamanan ini sudah pulih seperti sebelum Covid-19. Dibandingkan dengan temuan survei September 2019, 60,4 persen, temuan survei kali ini relatif sama, yakni 62,6 persen,” papar Deni.

Baca Juga  Survey SMRC : Sebanyak 71,7 Persen Publik Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Lebih jauh Deni menambahkan bahwa sejak masa wabah COVID-19 yang menilai kondisi keamanan baik atau sangat baik sempat menurun menjadi 53,4 persen pada survei Oktober 2020, namun sentimen positif atas kondisi keamanan kembali naik hingga menjadi 62,6 persen pada survei terakhir Desember 2021.

Survei ini juga menemukan bahwa warga sangat optimistis akan kondisi keamanan tahun depan. Warga yang menilai kondisi keamanan setahun ke depan akan baik atau sangat baik sekitar 75 persen. Sementara yang menilai akan buruk atau sangat buruk 4,5 persen. Ada 14,8 persen yang menilai akan sedang saja. Yang tidak tahu atau tidak menjawab 5,7 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hukum, HAM & Politik

CARITA KOTA KUPANG JADI IBUKOTA NTT

Bagian kadua Kupang-TAKLALE.COM, Jadi waktu VOC su dudu di Kupang, Portugis Itam dong ju masih ada deka-deka di Kupang. Orang...

Berita yang mungkin kamu suka