Selasa, Juli 5, 2022

CARITA KOTA KUPANG JADI IBUKOTA NTT

Wajib dibaca

Bagian kadua

Kupang-TAKLALE.COM, Jadi waktu VOC su dudu di Kupang, Portugis Itam dong ju masih ada deka-deka di Kupang. Orang Balanda dong kas nama dong ‘Zwarte Portugais’ artinya Portugis Itam. Itu waktu Timor bolom bagi dua pas-pas ke sakarang. Jadi pokoknya usif-usif, manek-manek deng raja-raja dong basakutu dg sapa na itu dia pung kawan su. Makanya waktu itu dikenal dg ‘kontrak’. Ko VOC ni parusahaan dagang jadi dia adakan kontrak deng sapa na artinya itu dia pung sakutu. Itu sakutu son boleh badagang dg pihak, apalai dg VOC pung musuh berbuyutan, Portugis Itam.

Kanapa ko Portugis Itam begitu kuat lawan VOC, padahal dong tu bukan Portugis totok tapi campuran alias Meztico? Dong ju son sepenuhnya dapat dukungan Kerajaan Portugis. Ulang-ulang dong perang lawan utusan Portugis yg datang dari Goa di India. Karena raja muda Portugis duduk di Goa. Pernah dong beberapa kali usir buang gubernur Portugis yg datang. Pernah dong kepung gubernur Portugis yg dikirim dari Brazil untuk duduk di Oekusi selama berbulan-bulan sampai baptua makan tulang tulang sa. Untung baptua bisa bangun lari. Jadi kenapa ko ini Portugis Itam dong kapala batu?

Kalau manurut beta pung kawan, Hans Hagerdaal, ada beberapa alasan. Hans ni dia orang Swedia ma dia pung nenek moyang pernah jadi tentara VOC dan ditugaskan di Rote makanya dia jadi sejahrawan dan su banyak tulis tentang sejarah NTT. Menurut om Hans, Portugis Itam dong ni kuat dan bikin pusing Belanda karena: (1) Dong ada armada laut. Dong ada kapal laut ju, jadi dong punya kekuatan maritim ju. Banding dg raja-raja pribumi Timor dan Rote dong bukan kekuatan maritim. Dong taku laut malah. Itulah sebabnya Portugis ada di Flores terutama Larantuka tapi ada di Oekusi dan bagian lain Timor ju. Dong bahkan pernah kuat di Amarasi. Jadi dong mobile. Makanya kalau orang Timor omong tentang Kosat-Olnay (alias Da Costa dan Hornay) itu menyangkut timor dan Larantuka. Sebagai kekuatan maritim ini dong bisa ba’ame rame dg Balanda. Kalau raja pribumi dong terbatas dalam hal ini.

Baca Juga  RUMAH “WAKIL GUBERNUR” JADI TEMPAT SIMPAN GEROBAK

(2) Dong pintar memanfaatkan aliansi tradisional. Pendek kata dong bakawin dengan putri-putri raja pribumi dong. Makanya ada banyak indo Portugis. Kalau Balanda agak bajaga jarak alias ja’im. Kalau Belanda waktu itu masih VOC, perusahaan dagang multi nasional pertama di dunia, mirip-mirip Sony, Apple, Samsung, Nokia lah. Dia pung staff dong dari macam-macam negara bukan dr Belanda sa. jadi dong son kekurangan staf. Kalau Portugis laen. Dong datang sebagai negara, bukan perusahaan badagang. Sehingga sat waktu dong kekurangan orang di seluruh pos di seluruh dunia termasuk di Brazil dan di mana-mana. Makanya dong pung ratu pernah kas keluar dekrit supaya orang Portugis boleh kawin sambarang deng perempuan pribumi supaya dapa anak untuk tenaga kerja. Itulah sababnya sampai sakarang kotong bisa lihat indo-indo sama ke Kaka di Brazil atau Xanana di Timor. Itu juga sababnya kotong kenal kata ‘kunyadu’ karena orang portugis laki-laki kawin deng kotong pung parampuan. Itu kata asalnya dari ‘cunhado’ artinya ipar laki-laki. Kalau ipar perempuan namanya cunhada tapi karna perempuan Eropa jarang kawin dg kotong pung laki-laki maka kata kunyada sonde exis hanya kunyadu sa.
Na karna dong ni banyak kawin dg putri raja-raja maka dong pung kunyadu dong raja-raja. Dong pung anak dong pung om (atoin amaf) adalah raja-raja. Na tahu to peran atoin amaf atau om di Timor? Samua musti dong yg badiri. Dari anak lahir sampai mati peran atoin amaf son bisa diingkari. Kotong dapa pukul, atoin amaf yang sakit. Jadi kalau ada perang Portugis itam dengan Balanda, atoin amaf yg notabene adalah raja-raja ini yg pasti bela. Itu portugis pung pintar di situ.

Baca Juga  Walikota Kupang Launching Program Penanggulangan Dampak Covid 19 PIAR NTT

(Sdkt lai sambung e. Son tanggal dan tahun beta son hafal jd nanti baru beta kas masuk tamba. Beta carita dia pung alur sa. Jang mara o dari 15 Agustus 2019, baru 8 Januari 2022 bisa sambung ni. Untung FB kas ingat..)

ditulis oleh Matheos Viktor Messakh pada Facebooknya tanggal 08 Januari 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Hukum, HAM & Politik

Misi Damai Jokowi, PRIMA: Bukti Nyata Politik Bebas Aktif

TAKLALE.COM-Jakarta, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara. Salah satu agenda dalam kunjungan tersebut adalah membawa misi...

Berita yang mungkin kamu suka